Rabu, 05 Februari 2014

Jus 'Ta Story_gerakan 5 sampah 1 orang 1 hari


let's skip for a while about my next posting about inspiration...
there's a topic that had layed in front of me for about years ago.
TRASH. GARBAGE. FLOOD. LITTER.

Sulit untuk mengakui banjir yang bikin kerugian berapa puluh juta rakyat Indonesia ini justru disebabkan oleh....rakyatnya sendiri juga.
jangan cepet-cepet bilang, "Gue gak suka buang sampah sembarangan. Gue gak salah dong."
ato gue toyor juga yang bilang,"Bukan sampah gue, ngapain gue buangin??"
*PLAK!!

Ini negara lo woy! KOTA LO juga!
kalo udah ngerasa bukan negara lo, pindah gih!

barusan g baca artikel tentang betapa taman kota yang harusnya hijau dan bersih, malah penuh sama sampah yang kalo diambilin satu-satu, bisa makan waktu sampai beberapa jam.
(actually this one talk about Bandung, Flower City julukannya.)

you can read this article here.
(agak sarkasme soal bahasanya tapi yaah, penggambarannya memang tepat juga.)

G kira dengan banyaknya berita soal banjir malang melintang di siaran TV Tanah Air kita ini, udah pada ngerti dan sadar kalo buang sampah pada tempatnya itu penting banget,
dan kalo gak dijalanin, bisa ngaruh kemana-mana.
Gak percaya bisa ngaruh kemana-mana? Nih yaa..kalo buang sampah sembarangan..
1. Kota gak enak diliat, tempat-tempat wisata bisa berkurang pengunjungnya. Devisa negara juga berkurang. *agak kejauhan.

2. Saluran aer yang harusnya lancar mampet kemana-mana. Saluran di rumah-rumah, saluran penyerapan ato aliran kota, jadilah banjir.

3. Kalo udah banjir, penduduk dan rakyat Indonesia juga kan yang susah? Mau rumah lo sebagus apapun, kalo banjir ya banjir aja. Mau mobilnya Mercedez Benz keluaran masa depan juga kagak bakal ditoleransi sama banjir. Gak ada kan banjir nanya dulu ke lo,"Eh, mobil lu mahal ya? Gak jadi gue kenain dah kalo gitu." PReett~
Semua barang rusak, akhirnya ngaruh ke kerugian dimana-mana. Kalo buku-buku pelajaran rusak, mereka (sekalipun rakyat gak mampu), harus beli lagi karna udah gak bisa dipake.

Kalo baju masih bisa dikeringin. Kalo mereka yang jualan warungan bahkan bisnis puluhan juta yang barangnya gak kedap aer, mau bilang apa? Mereka gak melakukan jual beli apapun tapi mengalami kerugian yang besar.

4. Banjir - aernya kotor - penyakit - sakit - biaya. Perinciannya kurang lebih begitu. Banjir dan hujan bikin daya tahan tubuh berkurang *bahasa iklan banget. Sakit bisa nambah pengeluaran, belum lagi masalah-masalah higienis lainnya yang berhubungan dengan
UUD (Ujung-Ujungnya Duit).

4. Kalo rakyat udah rugi karna banjir, protesnya kemana? Ke Tuhan yang Maha Esa? lha yang bikin banjir bukan Beliau kok. Trus ngadunya kemana? Pemerintah. Dibilangnya ngga mikirin banjir, gak aware sama banjir. Trus pemerintahnya kalo pundungan, males dah ngurusin kota banjir mulu. Trus akhirnya bosen ngurusin. Nah loh! Makin kacau kan? *lo juga ngaco,broh -___-'''

5. Dan banyak cerita sedih dan duka lainnya kalau mau bikin g tambah berimajinasi dengan fakta-fakta yang ada.

INTINYA, sadarlah sama kota sendiri! Kalo emang seneng tinggal disini, sayang dong sama kotanya. Jangan dibiarin aja banyak sampah sana sini, yang gak sedap dipandang, dan gak sedap dihirup juga. Kalo nemu sampah di jalan, sekalipun bukan sampah lo, bantu buang aja selama gak ada tulisannya, "Ini bukan sampah, tapi barang baru beli banget belum dibuka dan belum kadaluarsa. Kalau mau ambil aja,bawa pulang."

Keren ya kalo ada gerakan
5 sampah 1 orang 1 hari.
maksudnya bukan 1 orang buang 5 sampah sembarangan dalam 1 hari,
tapi sebaliknya.
dalam 1 hari, 1 orang bantu buang 5 sampah aja ke tempat yang benar, kan asik.
(tapi gak perlu disogok Rp 500,- perak dulu buat buang sampah, pamali!)

Bandung misalnya, penduduknya kan banyak, kalo 1 orang punya kesadaran akan sampah dan MELAKUKAN gerakan 5 sampah 1 orang 1 hari,
lumayan tuh sampah di jalan-jalan bakal berkurang,
dan daerah yang tadinya terancam banjir, jadi tercegah banjir,
sementara daerah yang banjir, gak lagi banjir.

Kalo udah gak banjir, rakyat juga gak bakal ada kerugian karna barang-barangnya rusak karna banjir. Kalo gak rugi, masyarakat akan kembali beraktivitas dengan tenang, sehat, selamat sentosa bahagia. Btul?


Beberapa kali temen bahkan ortu g pun protes kalo tiba-tiba g bantu ngebuangin sampah orang,
"Ih, jangan dipegang, Kotor tuh! Ngapain sih?!"
Dalem hati g kaget (salah satunya karna suara nyokap g oktafnya tinggi),
juga karna ketidaksadaran mereka sama sampah.
anyway, sampah yang g buang juga jenis-jenis kemasan air mineral gelas atau bungkus permen yang gak diliputi kotoran mahluk hidup ato apapun itu lah.
"Kan kotorr...". Tinggal cuci tangan, wastafel banyak, aer banyak.
"Kan bauu...". Lo juga kalo kagak mandi bau broh.
"Kan bukan sampah lo..". *toyor!*

Akhir kata, kalo lo nemu sampah, sekalipun bukan sampah lo, apalagi deket-deket situ ada tempat sampah, TOLONG DIBUANG yee...
gak perlu ke sindikat pembuang sampah sembarangan dulu buat nyari pelaku yang buang sembarangannya. Langsung tolongin buang aja.
Biasa yang dibantu adalah mereka yang tidak mampu. Bagi kalian yang membantu mereka yang TIDAK MAMPU membuang sampah pada tempatnya, besar upahmu di Surga, nak.

Sekian, terima kasih. Salam Indonesia bersih! :)
Salam gerakan 511 (5sampah 1orang 1hari)(kalau nanti ada)!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...