Senin, 13 Mei 2013

things to consider_berpijak dan terbang

ada waktunya manusia terbang --berada di atas--
bisa dengan mudah pergi kemanapun yang diinginkan...
ada waktunya manusia berpijak --menjejak di tanah--
harus berjalan kaki menempuh berpuluh-puluh meter untuk pergi ke suatu tempat...

saat manusia 'terbang',
seringkali dia lupa, ada orang yang bersusah payah berjalan sendirian,
bahkan mungkin hingga merangkak lemah di tanah karna tak ada yang menopang.
seringkali lupa bahwa ada seseorang yang begitu dekat yang dalam keadaan rapuh...
tidak enak rasanya dilupakan, maka aku belajar untuk tidak melupakan.
saat manusia 'terbang',
dia seringkali lupa caranya berjalan.
yang dia tau hanya tertawa dan bersenang-senang...
yang dia pikirkan hanya bagaimana aku bahagia...
yang diam dalam benaknya hanya dirinya sendiri...

saat manusia 'berpijak',
barulah ia menyadari rasanya...sesak..sakit..tidak berdaya...
anehnya, dia tetap menyalahkan orang lain.
mengapa dia terbang? mengapa aku tidak?
mengapa dia di atas? mengapa aku terpuruk? kenapa? kenapa?? kenapa???
dalam keterpurukannya tidak ada bahagia,
dalam keterpurukannya dia masih terus mencari hal yang buruk dari orang lain..
manusia yang 'berpijak',
menyedihkan melihatnya 'berpijak', tapi jika aku berada dalam posisinya,
mungkin aku tidak berbeda juga dengannya...
aku merasa beruntung sekarang...
bisa belajar bagaimana aku 'berpijak', kemudian 'terbang'..
karna pasti lebih sakit rasanya..
bila aku belajar 'terbang', lalu aku harus belajar 'berpijak'...



tetaplah bersyukur sekalipun kau sedang 'berpijak' sekarang,
karna dulu saat aku 'berpijak', tak seorangpun bersamaku, menemaniku..
tapi sekarang di saat kau 'berpijak', ada seseorang yang setia membantumu,
seseorang yang sayang padamu, melebihi rasa sayangnya terhadap orang lain...
tetaplah bersyukur dan jangan menumbuhkan rasa irimu padaku,
jangan membuang waktumu untuk terus merasa aku sainganmu...
karna kau punya...apa yang aku tidak bisa miliki...


belajarlah dulu untuk 'berjalan'...karna akupun perlu 'jatuh' untuk bisa 'berjalan'...
bersabarlah dalam sesakmu...bersabarlah dalam penat dan jenuhmu..
kau tahu, aku tidak punya siapa2dulu,
dan kau sekarang bisa bilang , 'semua orang mendekatimu.'
perlukah aku sengsara seumur hidup untuk bisa menyenangkanmu?
perlukah aku selamanya 'berpijak' demi membuatmu merasa lebih baik?
maaf, akupun manusia....


kau pun pasti sadar, kau punya hal yang sangat berharga yang tidak akan kumiliki..
kau mungkin...hanya tidak mau menyadarinya dan terus mengasihani dirimu sendiri...
jangan menyakitiku lebih jauh, tolonglah...
jangan hancurkan hidupku lebih lama lagi, tolong...

'berpijak'.....'terbang'....
keduanya mengajarkanku untuk punya respon yang benar..
aku melakukannya, sambil menyembuhkan setiap lukaku...
'berpijak' mengajarku untuk melihat ke atas, disana ada banyak yang lebih baik..
'berpijak' membuatku mengerti rasanya berada di bawah dan kau harus berusaha,
bukan melihat keburukan orang lain dan menjatuhkannya,
bukan membuatnya 'berpijak' sama sepertimu...tapi melihat kelebihan orang lain,
dan kau belajar menjadi lebih baik...


'terbang' mengajarku untuk tetap melihat ke bawah, disana adalah masa ketika aku belajar 'terbang'...
'terbang' membuatku mengerti bahwa hidup tak selamanya 'berpijak',
'terbang' membuatku merasa begitu ringan dan bahagia...
juga mengingatkanku pula untuk terus 'mengepakkan sayap', jika tidak, aku bisa jatuh kapan saja...
ketika aku 'terbang', terkadang aku pun ingin 'berpijak',
mencoba mencari mereka yang memiliki 'sayap' tapi tak bisa menggunakannya,
mencari mereka yang 'tak dapat terbang' dan membawanya ke udara...

aku tidak mau sampai melupakan mereka yang 'berpijak',
beberapa di antaranya membantuku sesekali sampai akhirnya aku 'terbang'...
semua mendekatiku ketika aku 'terbang'...hanya di saat aku sedang 'terbang'..
sebagai manusia, rasa kesal pasti datang...
dimana kalian ketika aku 'berpijak'??
tapi pelajaran ketika aku 'berpijak' bukan untuk disia-siakan..
jadi ketika aku 'terbang'...di saat itulah ujian datang untukku tidak berhenti 'mengepakkan sayap'...


ingat teman....
melihatlah ke atas, ke arah yang lebih baik ketika kau 'berpijak', agar kau tidak menyesal karna terlambat menyadari bahwa kau bisa 'terbang'...
dan jangan lupakan apa yang ada di bawahmu ketika kau 'terbang', sebelum kau menyesal
karna menyia-nyiakan mereka yang sudah berjuang untukmu hingga kau dapat 'terbang'

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...